Muay Thai - Pengertian, Teknik, Sejarah, Peralatan dan Peraturan


Muay Thai – Pengertian Muay Thai, Sejarah Muay Thai, Teknik Muay Thai, Peraturan Muay Thai, dan Peralatan Muay Thai

Muay Thai – Pengertian Muay Thai, Sejarah, Teknik Muay Thai, Peraturan Muay Thai, dan Peralatan Muay Thai


Pada kesempatan ini materi yang akan dibahas adalah muay thai - akan mempelajari segala hal tentang beladiri muay thai, mulai pengertian muay thai, sejarah muay thai, teknik muay thai, peraturan muay thai, dan peralatan muay thai. Pengertian muay thai merupakan beladiri yang sangat terkenal di seluruh dunia dantermasuk juga di Indonesia sudah banyak peminat beladiri ini. Olahraga ini berasal dari Thailand dengan Muay berarti Tinju beladiri dan Thai adalah suku thai dari Thailand.  Dan berikut adalah penjelasan mengenai seni beladiri Muay Thai.

Pengertian Muay Thai

Tak kenal maka tak sayang untuk itu mari kita kenalan dengan olahraga beladiri ini, Muay thai adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari Thailand yang mengandalkan tendangan, siku, lutut, serta pukulan yang kuat dengan tujuan untuk menjatuhkan lawan.

Sejarah Muay Thai

Muay Thai berawal dari abad ke – 12 Masehi, tepatnya pada kerajaan Thai. Pada saat itu, adanya peperangan yang menyebabkan kekurangan senjata. Kemudian prajurit berinisiatif untuk mempelajari beladiri muay boran.

Lalu beladiri yang tadinya bernama muay boran, diganti menjadi Muay Thai. Gerakan - gerakannya pun sedikit berubah. Dahulunya digunakan untuk berperang serta hal kekerasan lainnya. Tapi dengan perkembangan zaman, Muay Thai menjadi media hiburan dan olahraga.

Bagaimana caranya Muay Thai dapat berkembang hingga ke seluruh dunia?
Pada saat perang dunia II, pasukan Thailand banyak dikirim untuk berperang ke luar Negri, kemudian mereka berbaur dengan negara – negara lain dari Eropa. Para prajurit dari Eropa melihat beladiri yang dilakukan prajurit Thailand kemudian mereka tertarik untuk mempelajarinya.

Seiring berjalannya zaman, Muay Thai semakin berkembang hingga ke seluruh pelosok dunia sehingga pada tahun 1993 dibentuknya IFMA (International Federation of Muaythai Amateur) yang bermarkas di Bangkok, Thailand. Tujuan dibentuknya organisasi ini untuk mengatur seluruh masalah tentang Muay Thai di dunia.

Teknik Dasar Muay Thai

Berikut adalah teknik dasar Muay Thai yang harus kamu ketahui.

1. Teknik Memukul
Memukul merupakan teknik yang biasa bagi seluruh beladiri. Begitu pula dengan Muay Thai, ada 4 teknik memukul dalam beladiri Muay Thai ini.
Jab, adalah teknik memukul dengan cara meninju secara lurus ke arah daerah wajah atau pada bagian tubuh lainnya.
Hook, adalah teknik dengan cara meninju daerah wajah atau bagian tubuh bagian samping dari lawan.
Strike, adalah teknik ini hampir mirip dengan jab, tapi pukulan yang dihasilkan lebih bertenaga. Pukulan ini dilakukan dengan melancarkan tinjuan secara lurus setelah melakukan pukulan hook.
Upper cut, berbeda dengan pukulan jab, hook, dan strike. Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan tinjuan dari bawah ke atas dengan sasarannya adalah dagu.

2. Teknik Memiting
Dalam olahraga Muay Thai, gerakan mengunci dilakukan dengan cara memiting sebagai upaya untuk menjatuhkan kepala lawan sebelum melemparkannya.

Cara melakukan teknik memiting ini adalah dengan memegang badan lawan, leher dan kepalanya. Setelah lawan tidak lagi seimbang, barulah kemudian serangan dapat dilancarkan dengan berbagai variasi.

3. Teknik Menendang
Teknik menendang dalam Muay Thai terdiri dari beberapa jenis yang harus anda ketahui yaitu.
High kick, merupakan teknik menendang yang digunakan untuk menyerang daerah kepala dari lawan.
Low kick, merupakan teknik menendang yang dilakukan untuk menyerang daerah pinggang ke bawah dari bagian lawan.
Middle kick, adalah teknik menendang yang dilakukan untuk menyerang daerah pinggang ke atas dari lawan.
Push kick, merupakan teknik menendang yang dilakukan untuk menjatuhkan lawan serta mengambil jarak.

4. Teknik Mendengkul
Selain teknik memukul dan menendang Muay Thai juga memiliki teknik mendengkul yang harus diketahui.
Hook knee, adalah teknik yang dilakukan dengan cara mendengkul daerah tubuh bagian samping lawan.
Upper cut knee, adalah teknik yang dilakukan dengan cara mendengkul lawan dengan mengambil ancang – ancang dari bawah ke atas dengan sasarang adalah dagu.
Circle knee,  adalah teknik yang dilakukan dengan cara memutar anggota tubuh dan tenaga dipusatkan pada area dengkul atau lutut. Kemudian lakukan serangan pada tubuh bagian samping. Target serangan yang adalah rusuk serta kaki musuh bagian paha.

5. Teknik Menyikut
Teknik selanjutnya dari Muay Thai dan tidak kalah pentingnya dari yang lain adalah teknik menyikut. Teknik menyikut dalam muay thai ada 4 jenis, yaitu.

Sikutan vertikal, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menyikut dari atas ke bawah.
Sikutan horizontal, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menyikut dari samping.
Flying smashing elbow, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan lompatan terlebih dahulu sebelum menyikut.
Upper cut elbow, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menyikut dari bawah ke arah atas.
Smashing elbow, adalah teknik yang dilakukan dengan cara melakukan sikutan dari atas ke arah bawah.

6. Teknik Dorongan Kaki
Selain menggunakan tangan, sangat diperlukan dorongan kaki atau jab kaki dan ini merupakan salah satu teknik untuk bertahan dari serangan lawan.

Dalam setiap beladiri, pasti ada yang namanya defensif, dalam Muay Thai teknik inilah yang dipakai demi dapat mengontrol jarak dengan musuh maupun melakukan tangkisan.

Saat ingin melakukan dorongan kaki, harus dilakukan dengan cepat tetapi tidak boleh berlebihan. Tujuannya adalah untuk membuat lawan kehilangan keseimbangannya. Apabila lawan sudah kehilangan keseimbangan, maka akan mudah terjatuh.

7. Teknik Block
Teknik selanjutnya dipelajari adalah teknik block, karena teknik ini bertujuan untuk menangkis serangan tendangan lawan yang biasanya diarahkan ke bagian rusuk. Dan teknik ini juga membantu kita melindungi bagian rahang.

Block biasanya dilakukan dengan tangan, kaki dan ada juga istilah block out yang seluruhnya dapat dilatih demi gerakan Muay Thai yang lebih sempurna.

Peralatan dan Perlengkapan Tarung Muay Thai

Berikut adalah beberapa perlengkapan dan peralatan latihan Muay Thai.Pertama kita mulai dengan apa saja perlengkapan dalam Muay Thai.

Gloves (sarung tinju)
Mouth guard (pelindung gigi)
shorts (celana)
Handswrap (pembalut tangan)

Sedangkan peralatan latihannya:
Heavy bags (samsak)
Head guard (pelindung kepala)
Shin guard (pelindung kaki)
Muay Thai pads (pad tendangan)
Belly pads (pad tendangan perut)
Low kicks pad (pad untuk tendangan sapuan)
Muay Thai jump rope (lompat tali Muay Thai)

Peraturan Muay Thai

Berikut peraturan-peraturan pada olahraga Muay Thai :
Jika pada sebuah ronde dalam pertandingan dinilai seimbang, kedua petarung akan mendapatkan nilai 10.
Jika pada sebuah ronde pada pertandingan dimenangkan seseorang dengan tipis, petarung akan mendapatkan nilai 10 : 9.
Jika pada sebuah ronde dalam pertandingan dimenangkan seseorang secara telak, petarung akan mendapatkan nilai 10 : 8.
Jika pada sebuah ronde dalam pertandingan dimenangkan seseorang dengan tipis, dan mendapat penghitungan oleh wasit, petarung akan mendapatkan nilai 10 : 8.
Jika pada sebuah ronde dalam pertandingan dimenangkan seseorang secara telak, dan mendapat penghitungan oleh wasit, petarung akan mendapatkan nilai 10 : 7.
Jika pada sebuah ronde adalam pertandingan seseorang mendapatkan dua kali penghitungan wasit, petarung akan mendapatkan nilai 10 : 7.

Manfaat Muay Thai

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan seni beladiri Muay Thai :

1. Membakar lemak
Selain menjadi beladiri, Muay Thai merupakan olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan melakukan latihan secara rutin dengan giat.

2. Menambah stamina
Beladiri Muay Thai memerlukan sebuah tendangan, sikut, pukulan, serta dengkulan untuk menjatuhkan lawan. Dengan melakukan latihan seperti itu secara rutin, akan menambah stamina dan meningkatkan massa otot.

3. Membuat kulit lebih cerah dan sehat
Jika ingin mengeluarkan keringat, Muay Thai sangat cocok karena teknik-teknik yang dipelajari bisa mengeluarkan banyak tenaga yang menyebabkan keluarnya keringat dalam jumlah besar. Keringat akan keluar bersama dengan racun dalam tubuh yang akan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya metabolisme pada tubuh, akan membuat kulit anda semakin sehat dan tampak lebih cerah.

4. Menguatkan tulang
Sebenarnya banyak tulang kita yang sangat sensitif jika terkena benturan yang keras, tapi bisa memperkuatnya dengan melakukan latihan Muay Thai secara rutin.

5. Terhindar dari penyakit berbahaya
Muay thai diyakini bisa menekan darah tinggi dan menekan kolestrol jahat jika dilakukan dengan latihan rutin setiap hari.

Demikianlah artikel Muay Thai yang meliputi pengertian MuayThai, sejarah Muay Thai, teknik Muay Thai, peraturan Muay Thai, dan peralatanmuay thai, dan terimakasih sudah mampir ke blog saya, Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Muay Thai - Pengertian, Teknik, Sejarah, Peralatan dan Peraturan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel