Kung Fu – Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Manfaat Kung Fu


Kung Fu – Pengertian Kung Fu, Sejarah Kung Fu, Teknik Kung Fu, Manfaat Kung Fu

Kung Fu – Pengertian Kung Fu, Sejarah Kung Fu, Teknik Kung Fu, Manfaat Kung Fu


Pada kesempatan ini materi yang akan dibahas adalah seputar tentang Kung Fu – Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Manfaat Kung Fu, yang meliputi Kung Fu – Pengertian Kung Fu, Sejarah Kung Fu, Teknik Kung Fu, Manfaat Kung Fu.

Kung Fu - Siapa yang tidak mengenal kung fu? Olahraga beladiri yang sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Kung fu mulai dikenal di Indonesia sejak munculnya film yang dibintangi oleh Bruce Lee. Ingin tahu lebih detailnya mengenai kung fu? Mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Kung Fu

Kung fu adalah beladiri yang berasal dari negara Tirai Bambu - China. Sebenarnya, kung fu bukan hanya sebagai beladiri tetapi bisa diartikan dengan seseorang yang mempunyai keahlian khusus dalam suatu bidang (pengertian secara luas).

Dan berikut pengertian secara khusus,
Kung fu adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang menggunakan tangan kosong ataupun senjata berupa pedang, tongkat, dan sebagainya dengan tujuan untuk mempertahankan diri dan menyerang, serta sebagai ajang pertunjukan.

Sejarah Kung Fu

Tokoh utama dari terbentuknya seni beladiri kung fu adalah Bodhi Dharma. Dia seorang pendeta beragama budha yang berasal dari Tianzhu (sekarang disebut dengan India). Bodhi Dharma pergi berkelana ke berbagai negara dan sampai lah dia di China, tepatnya di kuil Siauw Liem pada tahun 500 Masehi. Kemudian dia menetap di kuil itu dan mengajarkan agama budha kepada para bhiksu.

Pada suatu ketika, Bodhi Dharma melihat para bhiksu di kuil tersebut lemas dan merasa bosan dengan pembelajaran secara terus menerus. Lalu ia mempunyai ide untuk membuat para bhiksu terlihat bugar dan semangat, yaitu dengan melakukan dan mengajarkan kepada mereka senam asal India yang disebut dengan 18 jurus senam penyehat tubuh.

Kemudian dengan semakin bertambahnya umur, Bhodi Dharma kemudian meninggal. Lalu 18 jurus senam penyehat tubuh yang diajarkan sudah jarang dilakukan bahkan hampir tidak pernah sama sekali.

Tidak lama setelah itu datang bhiksu ahli beladiri yang masih sangat muda tinggal di kuil Siauw Liem. Dia menggabungkan dan mengembangkan 18 jurus senam penyehat tubuh dengan beladiri miliknya yang bertambah menjadi 72 jurus, hingga tersebutlah nama Shaolin Kung fu.

Seiring berjalannya waktu shaolin kung fu semakin berkembang dan populer di Negeri tirai bambu - China. Para ahli shaolin kungfu mulai mempraktekkan beladiri tersebut sampai dibuatlah tempat – tempat khusus untuk latihan. Kung fu semakin lama semakin berkembang hingga di seluruh dunia, sampai akhirnya pada tahun 2003 dibentuknya IKF (International Kung Fu Federation).

Teknik Dasar Kung Fu

Berikut adalah teknik-teknik dalam Shaolin kungfu yang harus dikuasai.

1. Jet Kune Do
Jet Kune Dp - Jika pernah menonton bruce lee, dia sering menggunakan teknik kung fu. Dalam filmnya, bruce dapat mengalahkan lawannya dengan sangat mudah dengan menggunakan teknik beladirinya, salah satunya jet kune do.

2. Tendangan Tanpa Bayang
Tendangan Tanpa Bayang  - Teknik ini tidak asing jika pernah menonton film once upon a time. Film itu dibintangi oleh seorang aktor terkenal yang ahli dalam beladiri kung fu. Tendangan tanpa bayang merupakan teknik andalan yang dapat mengalahkan lawan tempo dengan waktu singkat.

3. Jurus Mabuk
Jurus mabuk merupakan teknik yang sangat fenomenal pada tahun 1990. Teknik ini di perkenalkan oleh Jackie Chan dalam film yang ia bintanginya.

4. Tapak Budha
Stephen Chow, adalah pemeran utama dalam film laga kung fu hustle. Dia gunakain teknik tapak budha pada film itu dan alhasil, teknik tersebut lalu menjadi sangat terkenal hingga seluruh dunia per kung fuan.

5. Wing Chun
Ip Man nama aslinya adalah Donnie Yen, adalah aktor terkenal asal negara Tirai Bambu -  China. Teknik ini kemudian dipopulerkan oleh dia dalam debut filmnya yaitu IP Man.

Manfaat Kung Fu

1. Meningkatkan Kekuatan Otot
Banyak manfaat yang di dapat jika berlatih beladiri ini. Dalam berlatih kung fu, latihan yang dilakukan cukup berat. Dengan berlatih kung fu secara rutin, dapat meningkatkan kekuatan otot terutama otot kaki dan tangan.

2. Menambah Tingkat Fokus
Pada saat melakukan latihan kung fu, diharuskan untuk lebih fokus dalam menghadapi lawan. Itu akan sangat membantu pada kehidupan sehari-hari, jika tingkat fokus anda tinggi, akan lebih mempermudah pada melakukan suatu pekerjaan.

3. Menurunkan Berat Badan
Beladiri kung fu, membuat bergerak terus menerus dan membuat mengeluarkan banyak keringat yang mampu membakar lemak,dan akan menurunkan berat badan anda secara cepat.

4. Menjadi Lebih Fleksibel
Dalam melakukan teknik-teknik kung fu, akan membuat tubuh menjadi lebih lentur. Dengan tubuh lentur, akan mengurangi resiko cedera pada melakukan pekerjaan berat.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Jika anda mempelajari kung fu, akan bisa menambah rasa percaya diri, Karena mental akan bertambah dan tidak akan takut dengan siapapun kecuali dengan tuhan yang maha esa.

demikianlah artikel tentang kung fupengertian kung fu,sejarah kung fu, teknik kung fu, manfaat kung fu. Dan terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kung Fu – Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Manfaat Kung Fu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel